BUMDes Pare Maju, Desa Pare

PARE ( Late Post ). Menindaklanjuti amanat UU No. 6 Tahun 2014, maka Desa di wajibkan untuk mendirikan sebuah Badan Usaha milik Desa yang disebut dengan BUMDes. Sehubungan dengan itu juga maka Pemerintah Desa Pare serta merta melaksanakan amanat tersebut, dengan mendirikan sebuah usaha milik desa yang disebut BUMDes.

Dengan musyawarah mufakat antara Perangkat Desa, BPD dan Lembaga Desa ( LPM ), maka dibentuklah BUMDe Desa Pare dengan nama BUMDes Pare Maju. Harapan kedepan dengan berdirinya BUMDes Pare Maju bisa mengangkat Pendapatan Asli Desa ( PAD ) Desa Pare.

BUMDes Pare Maju yang ada di Desa Pare juga telah bekerjasama dengan sekolah – sekolah yang ada di Desa Pare, yaitu dengan PAUD Aster di Dusun Gondang, PAUD Flamboyan di Dusun Sumber, SD Negeri Pare 1 di Dusun Tangkluk, SD Negeri Pare 2 di Dusun Sumber, SD Negeri Pare 4 di Dusun Susukan dan SD Negeri Singodutan yang berada di Dusun Tandon Desa Pare Kecamatan Selogiri. Bentuk kerjasama yang telah disepakati yaitu : BUMDes Pare Maju menyediakan semua kebutuhan sekolah – sekolah yang ada di Desa Pare tersebut di atas, terutama Alat – alat tulis yang di butuhkan bagi Kantor maupun yang di butuhkan para siswa. Pelayanan terhadap sekolah – sekolah yang ada di Desa Pare kususnya, pembayaran bisa Tunai maupun dibayar di belakang ( kredit ), setelah Dana BOS dari Pemerintah cair.

Adapun Layanan BUMDes Desa Pare tersebut ialah :

  1. Pembayaran Listrik
  2. Pembayaran Kredit Lising ( Adira, BAF, FIF, WOM dll. )
  3. Palayanan Token Listrik, Pulsa HP, dll
  4. Foto Copy
  5. Menyediakan ATK komplit,
  6. Dll

Untuk sementara, karena BUMDes Pare Maju belum mempunyai Kantor dan Toko sendiri, masih menggunakan Gudung BPD. Jadi ada penyekatan di gedung itu, yaitu untuk Sekretariat  BPD dan untuk Usaha BUMDes.

Akan Tetapi seiring berjalannya waktu, syukur Alhamdulillah tahun ini sudah akan di bangun gedung untuk Kantor dan Toko BUMDes Pare Maju. Kemarin, Senin 09 Oktober 2017, oleh Ketua LPM telah mendatangkan alat berat, untuk mengeruk tanah yang akan di bangun untuk gedung BUMDes tersebut.

Hal tersebut dilakukan dengan maksud bisa mempercepat selesainya Pembangunan Gedung BUMDes agar bisa segera di gunakan untuk Kegiatan BUMDes Pare Maju.

Sumber lain menyebutkan, Dalam APBDes Tahun 2017 Desa Pare melaksanakan berbagai kegiatan, salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam Bidang Pembangunan adalah Pembagunan Gedung BUMDes, karena anggaran yang dikucurkan oleh Pemerintah telah terealisasi maka kegiatan ini sudah mulai dijalankan, dalam Pembangunan Gedung BUMDes, Desa mengalokasikan anggaran sebesar Rp.30.000.000, pembangunan ini rencananya dibuat gedung yang berukuran 9×6 meter. Selain itu, untuk pembentukan dan penguatan BUMDes dianggarkan dana sebesar Rp.50.000.000. Saat ini BUMDES sendiri sudah berjalan sejak akhir bulan Juli 2017 dengan membuka usaha fotocopy, penjualan ATK dan agen POS. Gedung yang digunakan masih menggunakan gedung BKM Desa Pare. Semoga kegiatan ini bisa diteruskan dengan pengoperasian Usaha Desa.

Komentar Facebook

You may also like...

Leave a Reply