Perangkat Desa Pare Ikuti Bintek SIAK

 

Para Peserta Bintek mencoba menerapkan Aplikasi SIAK

PARE – Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2010 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian serta Tugas Pokok Pejabat Pencatatab Sipil dan Petugas Registrasi. Petugas Registrasi adalah Pegawai Negeri Sipil  yang diberi tugas dan tanggung jawab memberikan pelayanan pelaporan Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting serta pengelolaan dan penyajian Data Kependudukan di desa/kelurahan.

Untuk mengatasi permasalahan kependudukan, sangat dibutuhkan adanya sumber daya aparatur yang mampu, cakap dan handal dalam mengelola administrasi kependudukan. Dijelaskan bahwa administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain.

Ada 5 fungsi petugas registrasi kependudukan, yaitu :

  • Melakukan verifikasi dan validasi data peristiwa kependudukan dilaporkan oleh penduduk warga negara Indonesia;
  • Verifikasi dan validasi data peristiwa penting khususnya kelahiran, lahir mati dan kematian yang dilaporkan oleh penduduk warga negara Indonesia;
  • Pencatatan dalam buku harian, buku mutasi penduduk dan buku induk penduduk;
  • Pemrosesan penerbitan dokumen kependudukan sebagai penghubung dalam penyampaian dan pengambilan dokumen kependudukan.

    Suasana di dalam Joglo Puri Kamulyan

Agar penyelenggaraan administrasi kependudukan yang berdaya guna dan berhasil guna, maka perlu penunjukan petugas registrasi kependudukan untuk membantu Kepala Desa/Lurah dan instansi pelaksana dalam pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, dan dalam rangka peningkatan kompetensi, maka perlu dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Administrasi Kependudukan Desa/Kelurahan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri Tahun 2017. Dan dari Desa Pare petugas yang ditunjuk oleh SUGENG, selaku Kepala Desa Pare menugaskan Saudara MARIYANTO sebagai Kepala Seksi Pemerintahan Untuk mengikuti Bimbingan Teknis Administrasi Kependudukan ( SIAK ) pada tahun 2017 ini. Bintek SIAK dilaksanakan di Hotel Joglo Purikamulyan, Jln Wonogiri – Wuryantoro Km 8 Cakaran, Sendang, Wonogiri pada hari Kamis tanggal 12 Oktober 2017.

Peserta Bintek SIAK serius dalam mengikuti materi yang di sampaikan oleh Pemateri

Begitu besarnya manfaat Bimbingan Teknis Sistem Informasi Administrasi Kependudukan ( Bintek SIAK ) ini, sehingga dengan tersedianya petugas Registrasi Desa/Kelurahan pada 294 Desa/Kelurahan di Kabupaten Wonogiri bisa memahami pengaturan dan konfigurasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Desa (SIAK Desa) serta penggunaan aplikasinya.(adm.)

Komentar Facebook

You may also like...

Leave a Reply