DESA PARE TANGGAP BENCANA

Peserta Pelatihan

DESA PARE – Dalam musim hujan tahun ini, semua warga Desa Pare harus lebih waspada, khusunya warga di

perbatasan lereng pegunungan yang ada di Desa pare. Pasalnya Desa Pare termasuk kategori daerah yang Rawan dengan Tanah longsor. Hal ini karena Desa Pare sebagian berada di lereng gunung atau perbukitan. Dusun yang letak wilayahnya di lereng perbukitan dan terindikasi rawan tanah longsor adalah Dusun Randubang, Dusun Traman, Dusun Sumber, Ngroto, Dusun Susukan dan Dusun Serut.Dusun – dusun ini di tahun – tahun yang lalu pernah mengalami tanah longsor. Dan yang sudah di nyatakan daerah Zona Merah oleh BPSDM Jawa Tengah adalah Dusun Randubang dan Dusun Traman.

Untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak di inginkan, utamanya bencana tanah longsor, maka pada hari ini Rabu, 22 November 2017 Pemerintah Desa Pare mengadakan PELATIHAN RELAWAN TANGGAP BENCANA.

Dasar Kegiatan ini Perdes No. 2 Tahun 2017 tentang APBDes Desa Pare Tahun 2017

Bapak Sadino Ketua Panitia

Bapak Sadino Kadus Randubang yang sekaligus sebagai Ketua Pelaksana, mengawali Laporannya menya

mpaikan, “ Dalam mengikuti Pelatihan ini jangan mengh

arap imbalan secara materi, namun Lemah Teles, Gusti Allah sing bakal mbales

Kemudian Bapak Sadino melaporkan, Kegiatan ini untuk Pemberdayaan Masyarakat, yang berupa PELATIHAN RELAWAN TANGGAP BENCANA, Sumber Dananya dari Alokasi Dana Desa ( ADD ) Tahun Anggaran 2017 sebesar Rp. 5.000.000,00. Di laksanakan pada hari ini, Rabu, 22 November 2017 ( 1 hari ) yang dimulai dari Pukul 08.30 WIB s/d 13.00 WIB. Pesertanya dari Perangkat Desa sejumlah 15 orang, Linmas sedesa Pare sejumlah 35 orang, dan Relawan desa Pare sejumlah 10 orang, jadi jumlah pesertanya 60 orang. Maksud dan tujua

n kegiatan ini adalah untuk MEMBERDAYAKAN LINMAS, RELAWAN DESA UNTUK LEBIH TANGGAP BENCANA. Dan pada awal laporannya menyampaikan bahwa “

Bapak Sugeng Kepala Desa Pare dalam penyampaian Sambutan

Selanjutnya Bapak Sugeng, selaku Kepala Desa Pare dalam Ucapan Selamat Datang kepada para Peserta dan Sambutannya menyampaikan, “ Peserta diambilkan dari Linmas Desa, sebab Linmas sebagai Ujung Tombak dalam setiap kegiatan di lingkungan RT di Desa Pare. Walaupun sekarang ini di adakan Pelatihan Relawan Tanggap Bencana, tapi kita tidak berharap adanya bencana. Hal ini semata – mata untum mengantisipasi hal – hal yang tidak di inginkan”.

 

 

 

 

 

Bapak Joko Utomo dalam menyampaikan materinya

Setelah acara pembukaan selesai, di lanjutkan Penyampaian materi oleh Bapak Joko Utomo ( pak Tomi ) panggilan akrabnya, dari Tim BPBD Kabupaten Wonogiri.

KEADAAN DARURAT, “Suatu keadaan yang mengancam kehidupan dan penghidupan sekelompok orang / masyarakat yang memerlukan tindakan penanganan segera dan memadai“

PENANGANAN DARURAT BENCANA, adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan darurat bencana untuk mengendalikan ancaman/penyebab bencana dan menanggulangi dampak yang ditimbulkan.

 

 

 

Berikut ini adalah Dokumentasi dalam Simulasi Pelatihan Relawan Tanggap Bencana Desa Pare

Komentar Facebook

You may also like...

Leave a Reply