MUSRENBANGDES DESA PARE TAHUN 2018 DAN PENYUSUNAN RKP DESA PARE TAHUN 2019

      DESA PARE – Pada hari ini Pemerintah Desa Pare menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2018 untuk Penyusunan RKPD Tahun 2019. Musrenbang merupakan satu bagian penting dalam proses perencanaan pembangunan. perencanaan pembangunan dilaksanakan dengan berpedoman kepada Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, yang menyatakan bahwa perencanaan pembangunan dilaksanakan dengan menggunakan lima pendekatan yaitu : (1) politik; (2) teknokratik; (3) atas-bawah (top-down); (5) bawah-atas (bottom-up).

Musrenbang adalah forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah. pemangku kepentingan adalah segenap pihak yang terkait dengan pembangunan, dalam hal ini adalah pihak akademisi, dunia usaha, komunitas, pemerintahan dan masyarakat Wonogiri.

Maksud dan tujuan pelaksanaan musrenbang adalah untuk mempertajam usulan program dan kegiatan prioritas tahun 2019 baik kategori belanja langsung maupun belanja tidak langsung.di antaranya :

  1. Tersampaikannya penjelasan terkait mekanisme musyawarah desa ;
  2. Tersampaikannya paparan mengenai kebijakan dan konsep pembangunan wilayah, kerjasama antar desa, evaluasi program dan informasi rencana kegiatan;
  3. Terlaksananya evaluasi pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan Pemerintah Desa Pare tahun anggaran 2017
  4. Terlaksananya pembahasan rencana pelaksanaan kegiatan Pemerintah Desa tahun anggaran 2018;
  5. Ditetapkannya usulan Kegiatan yang dibiayai dari APBN/APBD Provinsi/APBD Kabupaten untuk Musrenbangcam tahun 2018
  6. Ditetapkannya TIM Delegasi desa yang akan mewakili desa pada Musrenbangcam tahun 2018

Dalam Musrenbang 2018ini  untuk penyusunan RKPD tahun 2019 diputuskan usulan yang akan disampaikan d

alam Musrenbang Kecamatan antara lain

Dalam Musrenbangdes ini, pesertanya terdiri dari : Pemerintahan Desa Pare, Lembaga Desa Pare, RW dan RT, Warga Masyarakat Desa Pare.

Dasar Pelaksanaan kegiatan ini adalah : Surat Camat Selogiri Nomor : 050/18 tertanggal 3 Januari 2018 Perihal Musrenbang Desa/ Kelurahan tahun 2018 dan Penyusunan RKP tahun 2019.

Dalam acara sambutan, bAPAK Sugeng selaku Kepala Desa Pare menyampaikan :

  • Ucapan terima kasih kepada hadirin, peserta Musrenbangdes Desa Pare tahun 2018
  • Harapan Kepala Desa, semua peserta bisamengikuti Musrenbangdes ini sampai dengan selesai, dan hasilnya kita laksanakan dengan sebaik-baiknya demi untuk kemajuan Desa Pare

Kemudian Camat Selogiri, Bapak Drs. Sigit Purwanto, Mpd juga berkenan memberikan sambutannnya. Beliau menyampaikan :

  1. Terimakasih yang setinggi- tingginya kepada peserta Musrenbangdes Desa Pare, karena peserta Musrenbangdes di Desa Pare “TERBANYAK” se Kecamatan Selogiri. Beliau sangat mengapresiasi karena siapa lagi yang mau memikirkan pembangunan di Desa Pare kalau bukan kita.
  2. Suasana Musrenbangdes tahun ini berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya. Sekarang ini greget Musrenbang lebih besar, karena apa yang di rencanakan Insya Allah bisa terlaksana, karena dananya sudah ada.

Kemudian pada sesi Paparan, Bapak Ngatno selaku Ketua LPM Desa Pare menyampaikan :

  1. Peningkatan atau perubahan status jalan, yaitu Jalan Dusun Tandon – Dusun Pare, dan Jalan Dusun Gondang – Dusun Tangkluk, untuk menjadi Jalan Kabupaten
  2. Jalan Tembus Randubang – Ngroto agar di anggarkan di APBN, karena membutuhkan dana yang sangat besar, kalau penganggaran dari ADD tidak mungkin bisa terlaksana.

Sedangkan TIM Delegasi atau perwakilan dari Desa untuk Musrenbang Kecamatan Tahun 2018 adalah :

  1. SUGENG (Kepala Desa)
  2. NGATNO (LPM)
  3. AGUS RISWADI ( Sekretaris Desa )
  4. SLAMET ( Kaur Perencanaan)
  5. LILIS RATNASARI  (LPKK)
  6. ANWAR MURDIYANTO (KPMD)

Dengan selesainya Musrenbangdes 2018 untuk penyusunan RKPD tahun 2019, tahapan selanjutnya adalah membawa usulan-usulan tersebut dalam Musrenbang Kecamatan Selogiri.

Semoga usulan yang diusulkan tersebut mampu dan dapat terdanai pada tahun 2019. Amin.

Secara singkat, kegiatan Musrenbangdes 2018 beserta paparan Kepala Desa Pare dapat diikuti oleh peserta dengan sangat antusias, terbukti sampai akhir acara semuanya masih setia mengikuti dan belum ada yang ijin pulang duluan

 

Komentar Facebook

You may also like...

4 Responses

  1. Nano Sunarno says:

    sukses Musrenbangdes,untuk kemakmuran dan kemaslahatan desa pare…….semangaatttttt

    • Mariyanto says:

      maturnuwun atas dukungan semangatnya dhe…
      kritik saran dan masukan selalu kamu harapkan untuk kemajuan website dan Desa Pare pada umumnya …

  2. mustaqim qim says:

    Selamat Desa Pare yg telah sukses menyelenggarakan musrenbang dan juga dihadiri Bapak Camat Seligiri, jangan lupa mengusulkan pengembangan Sistem Informasi Desa sebagai wahana dalam pengolahan data kependudukan, kemiskinan dan pengembangan website desa

    • Mariyanto says:

      ya pak mus, terima kasih atas sumbamgsaran panjenengan, kemarin waktu rapat bapak camat juga menegaskan agar SID di Desa Pare di kembangkan dan di laksanakan dengan sebaik-baiknya untuk bisa memberikan informasi kepada seluruh masyarakat khususnya warga Desa Pare …
      dan Insya Allah saya yang di berikan tugas dari Kepala Desa untuk mengelola SID ini, selalu siap dan bersemangat demi kemajuan Desa Pare .

Leave a Reply