Ibu-ibu Bersemangat Dalam Mengikuti Program Kelas Bumil di Desa Pare

          DESA PARE – Di pagi yang cerah ini, Selasa, 27 Februari 2018, kegiatan di Balai Desa Pare begitu banyaknya. Pelayanan kepada warga masyarakat, dan kebetulan hari ini juga ada kegiatan kelas bagi ibu hamil yang di adakan rutin setiap 1 bulan 1 X oleh Ucik Kurniadewi, Bidan Desa Pare, dalam rangka untuk memberikan pelayanan dan perhatian kepada pasien – pasiennya terutama kepada para ibu hamil di desa Pare, dan PKD Desa Pare buka setiap hari. Ada beberapa program yang dilaksanakan oleh Ibu Ucik Kurniadewi untuk memberikan kenyamanan dan pelayanan kepada pasien. Seperti halnya yang dilaksanakan pada hari ini, pada Selasa, 27 Februari 2018, PKD Desa Pare yang di kelola oleh Bidan Ucik Kurnia Dewi menyelenggarakan Kelas BUMIL, yaitu kelas Ibu – ibu Hamil yang ada di Desa Pare.

Materi di sampaikan oleh Bidan Atik Prasetyowati dan Bidan Ucik Kurniadewi pada hari ini :

  1. Apa Kehamilan itu

Kehamilan adalah masa dimana terdapat janin di dalam rahim seorang perempuan. Kehamilan terjadi karena adanya pembuahan dimana bertemunya cairan mani suami dengan sel telur istri. Setelah pembuahan maka terbentuk kehidupan baru berupa janin dan tumbuh di dalam rahim ibu yang merupakan tempat berlindung yang aman dan nyaman bagi janin.

 

Kehamilan normal lamanya 280 hari (40 minggu) atau 9 bulan 7 hari terhitung dari hari pertama haid terakhir.

Kehamilan dibagi atas 3 trisemester , yaitu :

 

  • Trisemester ke 1 : kehamilan hingga 12 minggu
  • Trisemester ke 2 : kehamilan 12 – 24 minggu
  • Trisemester ke 3 : kehamilan 24 – 40 minggu
  1. Tanda Hamil

Tanda awal seorang ibu hamil mengalami terlambat haid paling sedikit 1 – 2 minggu berturut – turut, walaupun terkadang ada bercak darah. Untuk lebih memastikan hamil atau tidak, maka perempuan tersebut dianjurkan untuk memeriksakan diri ke bidan/dokter dan bila dilakukan test kehamilan, maka didapatkan hasil yang positif.

Kemudian setelah penyampaian materi dilanjutkan senam ibu hamil dan berbagai kegiatan, yang di pandu oleh Petugas dari Puskesmas Kecamatan Selogiri. (admin)

Komentar Facebook

You may also like...

Leave a Reply