Uji Publik di Desa Pare

Warga melihat DPS yang sudah terpasang

DESA PARE“Uji Publik itu prinsipnya persis dengan Coklit, sehingga pada pelaksanaan Uji Publik, bagi warga masyarakat yang kebetulan ada data yang salah bisa di usulkan ke PPS untuk di betulkan. Contohnya, penulisan nama, alamat, tempat lahir ataupun tanggal lahir salah, bisa di usulkan kepada PPS untuk di betulkan”. Demikian sekelumit kata dari Dwi Hartanto, Ketua PPK Selogiri dalam acara Rapat Koordinasi pada Jum’at, 23 Maret 2018 yang lalu.

Tahapan demi tahapan Pemilu kada kususnya Pilgub Jawa Tengah 2018 terus berjalan. Pada saat ini telah sampai pada tahapan Uji Publik DPS. Pada Uji Publik ini merupakan kesempatan bagi hak pilih untuk mengecek dan mengoreksi data kependudukannya, barangkali ada data yang salah, warga masyarakat harus aktif cross cek DPS, dan apabila terdapat kesalahan data bisa di usulkan kepada PPS, selanjutnya PPS menindaklanjuti meralat kesalahan data tersebut. Dan untuk pengajuan usulan perubahan data, akan di layani sampai dengan tanggal 02 April 2018.

Instruksi dari KPU Wonogiri melalui PPK Selogiri bahwa : untuk pelaksanaan Uji Publik ada beberapa hal yang harus di lakukan, yaitu :

  1. Menempel DPS di Sekretariat PPS dan menempel DPS di tempat – tempat TPS. Sedangkan di Desa Pare ada 9 TPS, yang terdiri dari :
  2. TPS 01 di Dusun Tlogorejo
  3. TPS 02 di Dusun Tandon
  4. TPS 03 di Dusun Pare
  5. TPS 04 di Dusun Tangkluk
  6. TPS 05 di Dusun Susukan
  7. TPS 06 di Dusun Gondang
  8. TPS 07 di Dusun Josari
  9. TPS 08 di Dusun Sumber, dan
  10. TPS 09 di Dusun Traman
  11. Memasang MMT di ke 7 dusun tersebut agar warga masyarakat mengetahui ada tahapan Uji Publik DPS

Uji Publik itu sendiri di adakan serentak pada hari Selasa, 27 Maret 2018 di seluruh TPS se Jawa Tengah.

Untuk menindak lanjuti hal atau tahapan tersebut di Desa Pare, maka pada hari Sabtu, 24 Maret 2018, PPS Desa Pare yang terdiri dari Mariyanto sebagai Ketua merangkap anggota, Ernawati sebagai anggota divisi Mutarlih, dan Surono sebagai anggota divisi Logistik dan pengawasan Keuangan, juga dari kesekretariatan yang terdiri dari Sri Suyatmi sebagai Sekretaris, Sri Lestari sebagai Bendahara, dan Anwar Murdiyanto sebagai Staf sekretariat urusan teknis penyelenggaraan, bertemu, berkumpul untuk membicarakan dan mempersiapkan tahapan Uji Publik DPS di Desa Pare.

Dalam rapat PPS tersebut Mariyanto, Ketua PPS menyampaikan pesan dari Dwi Hartanto, ST, Ketua PPK Selogiri, bahwa :

“Menghadapi masa pengumuman dan tanggapan masyarakat yang  dimulaidari tanggal 24 Maret s/d2 April 2018, mohon diperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Salinan DPS sebanyak 2 rangkap masing – masing dipasang di Kantor Desa/Kelurahan dan di tempat – tempat strategis yang bisa dijangkau dengan mudah oleh masyarakat/di posko tanggapan masyarakat, dan besuk pagi – pagi hari Sabtu tanggal 24 Maret 2018 sudah harus terpasang, kalau perlu malam ini sudah terpasang, pastikan pemasangannya aman dari embun dan hujan ;
  2. Mulai besuk sudah bisa diumumkan nahwasanya masa tanggapan masyarakat terhadap DPS telah dimulai, silahkan menghimbau masyarakat sesering mungkin melalui media pengumuman yang mudah ( pengeras suara ditempat ibadah/kenthongan/lesung ), silahkan berkreasi untuk memancing msyarakat berpartisipasi aktif ;
  3. Posko tanggapan masyarakat dapat segera didirikan, tidak harus menunggu tanggal 27 Maret 2018 namun gaung pelaksanaan Uji Publik tetap dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 27 Maret 2018, dengan menginformasikan/mengundang masyarakat secara resmi melalui undangan;
  4. Timses/PPL/Panwascam/PPS berhak memberikan masukan masyarakat/koreksi terhadap DPS, kalau perlu dihimbau untuk aktif;
  5. Pada prinsipnyatujuan Uji Publik dan tanggapan masyarakat ini adalah untuk mendorong masyarakat turut serta berpartisipasi aktif dalam pencermatan daftar pemilih, agar ketika nantisetelah kita tetapkan menjadi DPT tidak ada masyarakat yang belum terdaftar;

 

Uji Publik di TPS 7 Dusun Josari

Kemudian hari Selasa tanggal 27 Maret 2018 dilaksanakanlah Uji Publik DPS di Desa Pare, dan sesuai dengan kesepakatan dalam rapat, semua anggota PPS maupun Sekretariat PPS melaksanakan tugasnya masing – masing. Dimulai dari Dusun Pare di rumah Ruswanto Kadus Pare, pada pukul 12.00 WIB, kemudian di Dusun Gondang dan Dusun Josari juga dalam waktu yang bersamaan.

Selanjutnya di Dusun Tangkluk, Uji Publik DPS dilaksanakan pada pukul 18.00 WIB atau ba’da Maghrib bertempat di Balai Dusun Tangkluk, terus di Dusun Tlogorejo bertempat di Rumah Joglo Wani Ngalah Tlogorejo, Dusun tandon di rumah Sugino, Kadus Tandon, Dusun Sumber di Pos Ronda Dusun Sumber dan TPS 09 Traman diadakan di Dusun Randubang. Ke 4 Dusun tersebut pelaksanaannya bersamaan, yaitu pada pukul 19.30 WIB atau ba’da ‘Isya.

Kemudian pada hari ini, Kamis tanggal 29 Maret 2018, PPS Desa Pare melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 bertempat di Ruang Pertemuan Balai Desa Pare. (admin)

Komentar Facebook

You may also like...

Leave a Reply