PELATIHAN PENGEMBANGAN SID BAGI SEKRETARIS DESA DAN OPERATOR SID DI KABUPATEN WONOGIRI

WONOGIRI – Dalam upaya untuk mengembangkan Sistem Informasi Desa, maka mulai hari ini, Senin (06/08/2018) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan PELATIHAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DESA BAGI SEKRETARIS DESA, OPERATOR SID DAN PENDAMPING DESA, bertempat di Ruang Pertemuan Gajah Mungkur SETDA Kabupaten Wonogiri. Kegiatan Pelatihan pengembangan Sistem Informasi Desa ini diikuti 75 Desa dan 58 Pendamping Desa dengan jumlah peserta 208 orang setiap desa 2 orang terdiri dari 1 orang Sekretaris Desa, 1 orang Operator SID dan Pendamping Desa di Kabupaten Wonogiri. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan 4 tahap dan untuk 1 tahap dilaksanakan selama 2 hari.

Para Tutor Pelatihan

Para Tutor, urut dari kiri : Satya Graha, Pendamping Kabupaten, Semedi Budi Wibowo, SH Kadinas PMD, dan Bambang Muladi, S.Sos, M.Hum. ( Foto : Mariyanto)

SID merupakan sistem informasi yang diterapkan di Tingkat Desa, dikembangkan oleh Pemerintah Daerah bersama Pemerintah Kabupaten dan terintegrasi melalui sistem informasi yang ada di tigkat daerah dan kabupaten. Sedangkan data desa merupakan aspek penting dalam perencanaan, perumusan kebijakan, program, dan pengukuran capaian kinerja Pembangunan Desa serta percepatan penanggulangan kemiskinan di Daerah.

Oleh sebab itu guna mensinergikan Data Desa sebagaimana dimaksud diatas, maka perlu pedoman pengembangan Sistem Informasi Desa dan penyelenggaraan Forum data. Adalah merupakan kewajiban Pemerintah Daerah Kabupaten Wonogiri untuk memfasilitasi proses pengembangan aplikasi kepada seluruh desa, dengan mengadakan pelatihan bagi perangkat Desa atau Operator SID.

 

Laporan Panitia

Bambang Muladi, S.Sos, M.Hum selaku Ketua Panitia menyampaikan laporannya (Foto : Mariyanto)

Bambang Muladi, S.Sos, M.Hum, ketua panitia pelaksanaan Pelatihan Pengembangan Sistem Informasi Desa ini menyampaikan bahwa, ‘Pelaksana Kegiatan Pelatihan Pengembangan Sistem Informasi bagi Aparat Desa, Operator SID dan Pendamping Desa adalah Kepala Dinas besertaunsur Staf di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wonogiri.”

Maksud dan tujuan Pelatihan Pengembangan Sistem Informasi Desa ini adalah untuk :

  • Meningkatkan kwalitas perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan desa dan kawasan;
  • Mengefektifkan pelaksanaan kebijakan, program dan kegiatan pembangunan desa dan kawasan perdesaan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa;
  • Meningkatkan kwalitas pelayanan dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dan pihak yang berkepentingan;
  • Mengukur dan memberikan penilaian secara obyektif terhadap kemajuan dan pencapaian strategi pembangunan di desa dan kawasan perdesaan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa;
  • Sebagai media dalam memperoleh, mengelola dan menyajikan data serta informasi desa dan kawasan perdesaan.

 

Sambutan Kadinas PMD

Dwi Saputro, S.Sos, M.Si, Kepala Diskominfo Kab. Wonogiri menyampaikan Sambutan (Foto : Mariyanto)

Dalam rangka untuk pengembangan sistem informasi desa ini banyak sekali penawaran dari pihak swasta untuk bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wonogiri, untuk pengambangan dan peningkatan SDM Operator SID, karena semua desa mempunyai potensi dan potensi itu bisa dikembangkan dan di kelola dengan baik. Hal ini seperti disampaikan oleh Semedi Budi Wibowo, SH, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Wonogiri dalam sambutannya. Beliau mengatakan bahwa, “Ada 3 sampai 4 pengembang dari pihak swasta yang sudah menghubungi saya, untuk mengajak kerjasama dalam peningkatan dan pengembangan SDM Operator SID.” Disampaikan pula bahwa Kepala Disdukcapil Kabupaten Wonogiri menantang, mengajak untuk menyempurnakan SID, sehingga kedepan, pelayanan kependudukan bisa dilayani di tingkat desa.

Dengan dikembangkannya sistem Informasi Desa ini harapannya agar SID bisa diakses oleh masyarakat desa khususnya, mengenai informasi tentang Data, Program Kerja serta tentang pembangunan yang sudah, sedang dan akan dilaksanakan. SID dikembangkan oleh Pemerintah Daerah dan terintegrasi dengan Pemerintah Provinsi. Manfaat Sistem Informasi Desa ini adalah : sebagai alat untuk mengelola Data Desa, Media Informasi dan Pelayanan Administrasi. (admin)

Komentar Facebook

You may also like...

2 Responses

  1. Pak yatno says:

    Joos

Leave a Reply