WARGA PARE ZIARAH KE MAKAM SAYURAN DUSUN GONDANG

Momentum HUT RI menjadi agenda rutin yang dirumuskan warga Indonesia, tidak terkecuali oleh masyarakat Desa Pare. Ziarah ke Makam Sayuran Dusun Gondang merupakan salah satu kegiatan menyambut HUT RI Ke-73 yang dilaksanakan, Kamis (16/7). Upacara mengawali ziarah melibatkan perangkat desa, mahasiswa KKN UNY, dan dengan khusus menghadirkan keluarga Kromo Sumito, pejuang Desa Pare.

Ziarah Makam Pahlawan

Sugeng, Kepala Desa Pare selaku Pemimpin Ziarah, menyampaikan amanatnya. (doc. desa pare – Foto : Mariyanto)

Kromo Sumito wafat pada 2 April 1948 dan dimakamkan di Makam Sayuran. Menurut Sugeng, Kepala Desa Pare, Kromo Sumito adalah Kepala Dusun Pare yang menjadi korban tembak saat berjaga malam di Kecamatan Selogiri. Istri yang ditinggalkan bernama Trinem dan enam orang anak; Darso, Sadiman, Sadiyem, Surip, Sadinem, dan Pariman.

Ziarah Makam Pahlawan

Peserta Ziarah menaburkan bunga ke Makam Pahlawan. (doc. desa pare – Foto : Mariyanto)

“Generasi penerus perjuangan bangsa hendaknya tidak melupakan sejarah. Lakukan tugas kita masing-masing dengan sebaik-baiknya sehingga menghasilkan kemajuan untuk masyarakat,” pesan Sugeng selaku Pemimpin Ziarah.

Pemerintah Desa Pare merencanakan ziarah sebagai agenda rutin tahunan menyambut HUT RI. Penghargaan terhadap Karmo Sumito akan dimusyawarahkan, khususnya untuk perbaikan kondisi makam. (admin)

Komentar Facebook

You may also like...

Leave a Reply