WARGA DESA PARE IKUTI PAWAI BUDAYA DI KECAMATAN SELOGIRI

PARE, pare.desa.idAntrean peserta Pawai Budaya Kecamatan Selogiri memadati jalan utama Selogiri menuju Desa Jendi, Minggu (19/08/2018). Ribuan warga beragam usia dan latar belakang mewakili desa masing-masing lengkap dengan atribut daerah, tidak terkecuali Desa Pare. Sejumlah enam belas bidang kebudayaan ditampilkan untuk menyemarakkan Pawai Budaya di Selogiri.

Pawai Budaya

Kepala Desa beserta Perangkat berpose di depan Kantor Desa Pare sebelum mengikuti Pawai Budaya di Kecamatan Selogiri, Minggu (19/08). (doc. pare.desa.id – Foto : Mariyanto)

Pawai Budaya

Istri Kepala Desa dan Istri Perangkat Desa Pare yang tergabung dalam LPKK Desa Pare berpose di depan Kantor Desa Pare sebelum berangkat mengikuti Pawai Budaya di Kecamatan Selogiri, Minggu (19/08) (doc. pare.desa.id – Foto : Mariyanto)

Berikut susunan Pawai Budaya Desa Pare.

  1. Pasukan Bendera diwakili Karang Taruna Pare.
  2. Pakaian adat Dusun Susukan.
  3. Perangkat Desa berbusana adat Jawa.
  4. Lembaga desa (BPD, LPM, RW, RT, LPKK, Kader Desa, KPMD, BUMDES).
  5. Tretek Tandon.
  6. Linmas
  7. Masyarakat Pare.
  8. Home industry.
  9. Rebana dari pengajian Pare dan Tlogorejo
  10. Senam Lansia.
  11. Tretek Sumber.
  12. Kesenian Wayang Orang.
  13. Olah raga
  14. Pertanian
  15. Peternakan
  16. Sepeda santai.
Pawai Budaya

Pasukan Siskamling ( ronda trethek) dari Dusun Sumber mengikuti Pawai Budaya di Kecamatan Selogiri, Minggu (19/08) (doc. pare.desa.id – Foto : Mariyanto)

Pawai Budaya

Pasukan Trethek dari Dusun Tandon sedang beratraksi dalam mengikuti Pawai Budaya di Kecamatan Selogiri, Minggu (19/08) (doc. pare.desa.id – Foto : Mariyanto)

Pawai dimulai dari Lapangan Kaliancar pukul 08.00 WIB. Desa Pare menempati posisi kedua setelah GIS, disusul penampilan dari Desa Singodutan. Peserta melakukan perarakan sejauh tiga kilometer hingga mencapai panggung kehormatan di depan Balai Desa Pule dan sampai pada garis akhir di Lapangan Desa Jendi.

Pawai Budaya

Pasukan ibu-ibu dari Dusun Traman dan Josari membawa hasil pertanian, Minggu (19/08) (doc. pare.desa.id – Foto : Mariyanto)

Pawai Budaya

Pasukan Sepeda Antik dari Dusun Tandon terlihat cukup artistik dalam mengikuti Pawai Budaya di Kecamatan Selogiri (doc. pare.desa.id – Foto : Mariyanto)

Pawai budaya untuk memeriahkan peringatan ke 73 HUT Kemerdekaan RI yang di gelar tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau tahun sebelumnya diadakan di masing-masing kecamatan dengan hari dan waktu yang berbeda, namun pelaksanaan pawai tahun ini tetap diadakan di masing-masing kecamatan se-Kabupaten Wonogiri, tapi secara serentak pada minggu (19/08/2018). Sehingga kesemarakan acara ini benar-benar sangat terasa disemua kalangan masyarakat Kabupaten Wonogiri. (admin/mp3/kkn)

Komentar Facebook

You may also like...

Leave a Reply