Sosialisasi Gerakan Cinta Arsip Keluarga di Dusun Tangkluk

PARE, pare.desa.id – Arsip keluarga merupakan arsip yang dekat di lingkungan keluarga. Arsip-arsip di dalam keluarga sangat beraneka ragam jenisnya. Mulai dari akta-akta, kartu, surat-surat, dokumen foto dan video dan masih banyak lagi lainnya. Dari kondisi tersebut, banyak dari masyarakat kita yang masih enggan untuk menata, menyimpan, dan merawat arsip keluarga dengan baik dan benar. Sehingga ketika suatu saat dibutuhkan mereka kesulitan untuk mencari dan menemukan kembali arsip yang mereka miliki. Sehingga banyak dari masyarakat yang mengeluh kehilangan dan harus mengurus kembali dari awal. Oleh karena itu, kesadaran terhadap kepedulian dan cinta terhadap arsip keluarga itu sendiri harus dipupuk.

Sosialisasi Arsip Keluarga

Mahasiswa KKN UNY memberikan sosialisasi tentang arsip keluarga kepada ibu-ibu PKK Dusun Tangkluk, Minggu (05/08) (doc. pare.desa.id – Foto : Ika Masiitta/KKN/UNY)

Sasaran dari sosialisasi gerakan cinta arsip keluarga ini ditujukan bagi para ibu. Hal ini dikarenakan para ibu memiliki peran yang sangat penting di dalam keluarga. Sebagai seorang ibu, tentu di dalam rumah tangga banyak sekali tugas yang mereka emban salah satunya menyimpan arsip-arsip kelurga di rumah. Oleh karena itu kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di kegiatan arisan ibu-ibu PKK.

Tepatnya pada Minggu (05/08) kemarin KKN UNY di Desa Pare melaksanakan kegiatan sosialisasi Arsip Keluarga di Dusun Tangkluk. Sosialisasi ini dilakukan oleh dua kelompok KKN yaitu 306 dan 307. Sosialisasi ini dilaksanakan dalam acara arisan ibu-ibu PKK di Dusun Tangkluk dengan jumlah peserta yang hadir sekitar 35 orang. Dalam kegiatan ini mahasiswa KKN 307 berkolaborasi dengan KKN 306 untuk memberikan materi mengenai arsip keluarga itu sendiri dan cara menata arsip yang baik dan benar.

Kegiatan sosialiasi ini dimulai pada pukul 13.00 WIB dengan diawali dengan memberikan kuis kepada ibu-ibu pkk yang hadir untuk menyebutkan arsip keluarga yang dimiliki di rumah sebanyak-banyaknya. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Nadya Bela Nuarita dan Ika Masita yang notabene dari anggota KKN 306 dan 307 yang sama-sama berasal dari Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Mereka berdua mrnyampaikan materi secara bergantian dari mulai pengertian arsip keluarga, jenis-jenis arsip keluarga, macam-macamtempat menyimpan arsip di dalam keluarga, alasan arsip harus ditata dengan baik dan benar, cara menyimpan arsip keluarga yang baik, kasus-kasus jika arsip keluarga tidak dirawat dnegan baik, dan tips & trik agar arsip awet. Setelah menyampaikan materi tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan pembagian hadiah bagi dua ibu-ibu yang berhasil menuliskan arsip keluarga paling banyak.

Sosialisasi Arsip Keluarga

Ibu-ibu PKK Dusun Tangkluk sebagai Peserta Sosialisasi Arsip Keluarga bertempat di Balai Dusun Tangkluk, Minggu (05/08) (doc. pare.desa.id – Foto : Ika Masiitta/KKN/UNY)

Dari kegiatan sosialisasi tersebut Ika mengatakan bahwa seorang ibu memiliki peran penting di dalam keluarga, maka dia berharap agar ibu-ibu khususnya di Dusun Tangkluk semakin peduli terhadap kelestarian arsip keluarga dan mau merawat arsip keluarga sekecil apapun itu bentuk dan nilainya. Di samping itu, Bela juga mengungkapkan bahwa arsip keluarga harus ditata dengan baik karena ketika di dalam keluarga membutuhkan berbagai informasi sewaktu-waktu dapat ditemukan kembali dengan cepat sehingga resiko arsip hilang dapat diminimalisir. Dari kegiatan sosialisasi tersebut, diharapkan nantinya ibu-ibu di Dusun Tangkluk semakin cinta terhadap arsip keluarga sehingga senantiasa menata, menyimpan, dan merawatnya dengan baik.

Kegiatan ini merupakan kegiatan sosialisasi kedua dimana yang sebelumnya sosialisasi ini telah dilaksanakan di Dusun Pare pada tanggal 29 Juli 2018. Kegiatan sosialisasi ini merupakan gabungan antara program kerja kelompok KKN UNY 307 yaitu pendampingan ibu-ibu PKK baik di Dusun Tangkluk maupun Pare yang di dalamnya diisi oleh salah satu anggota sebagai program kerja utamanya.(admin/Ika/KKN)

Komentar Facebook

You may also like...

Leave a Reply