Kethek Ogleng, Meriahkan Acara Perpisahan KKN UNY di Desa Pare

PARE, pare.desa.id – Puncak acara perpisahan Mahasiswa KKN UNY Yogyakarta yang bertempat di Halaman Balai Desa Pare di meriahkan penampilan seni tari Kethek Ogleng , Minggu (26/08).  Satu Raja yang memimpin kawanan Kera yang berjumlah 12, tampil memukau para penonton yang memenuhi halaman dan jalan depan Balai Desa Pare, hampir mencapai 1000 orang berasal dari warga sekitar. Warga sangat antusias melihat penampilan Kethek Ogleng pimpinan Tugimin, S.Kar yang di iringi oleh Group  Campur Sari Kethek Ogleng “Trima Ngalah” Dusun Tandon.

Setelah 1,5 bulan, usai sudah tugas 40 mahasiswa KKN UNY tahun 2018 yang berlokasi di Desa Pare, Selogiri, Wonogiri. Saat pamitan pada pemerintah desa dan warga setempat, Ketua Koordinator, Andri Muhyidin menyampaikan bahwa sudah melaksanakan 4 program yang jadi prioritas yaitu : Mengembangkan potensi Desa Pare melalui kreatifitas, Pengembangan Wisata Plirikan, Pengembangan Website Desa yang sudah bisa di akses yaitu pare.desa.id, dan Pembuatan Video Profil Desa. Acara perpisahan digelar di Halaman Kantor Balai Desa Pare. Hadir pada acara tersebut Dosen Pembimbing Dr. Suranto, M.Pd, M.Si, Kades Pare, Sugeng, perangkat desa, dan warga sekitar.

Kethek Ogleng Desa Pare

Pembimbing KKN UNY, Dr. Suranto, M.Pd, M.Si menyampaikan sambutan dan penarikan Mahasiswa KKN dari Pemerintah Desa Pare. (doc. pare.desa.id – Foto : Mariyanto)

Dalam sambutannya, Dr. Suranto, M.Pd, M.Si, mengatakan bahwa “Ucapan terima kasih karena  bapak Kepala Desa sudah menerima adik-adik KKN dari bulan Juli sampai sekarang ini, dan adik-adik sudah menemukan banyak sekali pengalaman, kebaikan, persaudaraan dari seluruh warga masyarakat di Desa Pare ini,” jelasnya. Ia juga mengapresiasi warga masyarakat yang telah membantu baik waktu, tenaga dan tempat tinggal sehingga para mahasiswa UNY dapat melaksanakan tugasnya dengan lancar.

Kethek Ogleng Desa Pare

Kepala Desa Pare, Sugeng memberikan sambutan dan melepas para Mahasiswa KKN UNY, agar kembali ke Kampus masing-masing. (doc. pare.desa.id – Foto : Mariyanto)

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Pare, Sugeng atas nama masyarakat dan Pemerintah Desa Pare, mengucapkan terima kasih kepada Universitas Negeri Yogyakarta, karena Desa Pare sudah dipercaya untuk ketempatan adik-adik KKN yang selama 1,5 bulan, Alhamdulillah sudah melaksanakan tugas di Desa Pare ini dengan baik. Terbukti program-program atau kegiatan yang di adakan di Desa Pare, semua berjalan dengan lancar.”

Kethek Ogleng Desa Pare

Mahasiswa KKN UNY Foto bareng dengan Kepala Desa dan Perangkat Desa Pare. (doc. pare.desa.id – Foto : Mariyanto)

Tim KKN UNY berkesempatan pula memaparkan laporan hasil kegiatan dan pemutaran video profil desa. Kemudian pada pemaparan tentang website desa, Mariyanto selaku pengelola website pare.desa.id menyampaikan bahwa, cukup menulis “pare, wonogiri” di google, maka disana akan muncul DESA PARE dengan domain pare.desa.id. Lebih lanjut disampaikan pula bahwa website desa sudah terhubung dengan Website Pemerintah Kabupaten Wonogiri, Disdukcapil Wonogiri dan RS. Sudiran Mangun Sumarso Wonogiri, sehingga bagi warga masyarakat Desa Pare yang membutuhkan layanan pendaftaran rawat inap maupun rawat jalan, cukup mendaftar di rumah secara on line dengan cara buka linknya dan membuat akun. (admin/mar)

Komentar Facebook

You may also like...

Leave a Reply