Ketua RT se-Desa Pare Ikuti Musyawarah Pembangunan

PARE, pare.desa.id – Untuk menentukan arah pembangunan terutama infrastruktur, pemberdayaan masyarakat dan untuk pengembangan potensi, maka para Ketua RT se-Desa Pare   mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2018 dalam rangka untuk Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun 2019, bertempat di Gedung olah raga badminton Komplek Balai Desa Pare, pada Kamis (20/09/2018). Peserta Musrenbangdes selain para Ketua RT adalah : Ketua BPD beserta anggota, Ketua LPM beserta anggota, Perangkat Desa, Tenaga Pendidik, Ketua TPPKK dan Kader Posyandu, Ketua KPMD dan anggota, BKM dan Relawan Desa, Pengurus BUMDes serta Tomas dan Toga.

Musrenbang adalah forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah. pemangku kepentingan adalah segenap pihak yang terkait dengan pembangunan, dalam hal ini adalah pihak akademisi, dunia usaha, komunitas, pemerintahan dan masyarakat khususnya di wilayah Desa Pare.

Pemerintah Desa Pare sudah melaksanakan beberapa tahapan kegiatan musyawarah untuk menjaring usulan dan masukan tentang kegiatan pembangunan untuk tahun 2019. Kegiatan musyawarah dimulai dengan Musyawarah Dusun, yang dilakukan tiap-tiap dusun untuk mengusulkan serta memutuskan skala prioritas pembangunan yang akan diusulkan dan kemudian dilanjutkan dengan Musdes di tingkat Desa.

Penyampaian Laporan

Sekdes Pare, Agus Riswadi menyampaikan laporan penyelengaaran Musrenbangdes di Balai Desa Pare, Kamis (20/09/2018) (doc. pare.desa.id – Foto : Mariyanto)

Maksud dan tujuan pelaksanaan musrenbang adalah membahas dan menyepakati RKPDesa yang memuat prioritas kebutuhan masyarakat berdasarkan hasil musyawarah di tingkat dusun, prioritas kegiatan desa yang dibiayai APBDesa termasuk dari Dana Desa, alokasi Dana Desa, bantuan bagi hasil pajak dan retribusi, bantuan keuangan provinsi, bantuan keuang kabupaten dan sumber lain yang sah. Prioritas kegiatan desa tersebut disesuaikan dengan 4 bidang, yaitu bidang penyelenggaraan pemerintahan, bidang pelaksanaan pembangunan, bidang pembinaan masyarakat dan bidang pemberdayaan masyarakat. Kemudian membahas dan menetapkan rancangan daftar usulan RKPDesa tahun 2019.

Pemaparan

Kepala Desa Pare, Sugeng menyampaikan paparan tentang pembangunan. Bertempat di Balai Desa Pare, Kamis (20/09/2018) (doc. pare.desa.id – Foto : Mariyanto)

Kepala Desa Pare, Sugeng, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada hadirin, peserta Musrenbangdes Desa Pare tahun 2018 ini. Harapan Kepala Desa, semua peserta bisa mengikuti Musrenbangdes ini sampai dengan selesai, dan hasilnya agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya demi untuk kemajuan Desa Pare. “Mari, pada kegiatan siang hari ini kita ikuti dengan seksama, dengan sebaik-baiknya dan kita ikuti sampai akhir kegiatan, karena ini adalah suatu peristiwa kegiatan yang sangat penting di Desa Pare untuk menentukan program di tahun yang akan datang” ujar Sugeng. Kemudian dalam paparannya disampaikan pula penggunaan Dana Desa pada tahap 1 dan tahap 2, yang telah dilaksanakan dengan baik.

Sambutan dan Pengarahan Camat

Nunik Haryuni, S.STP,MM., Kasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat mewakili Camat Selogiri, Drs. Sigit Purwanto, M.Pd dalam memberikan sambutan dan pengarahan di balai desa Pare, Kamis (20/09/2018) (doc. pare.desa.id – Foto : Mariyanto)

Kemudian Camat Selogiri, Drs. Sigit Purwanto, Mpd berhalangan hadir karena sedang mengikuti Diklat di Bandung, sambutan diwakili oleh Nunik Haryuni, S.STP,MM., Kasi Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Selogiri menyampaikan bahwa pembanguna desa tidak hanya fisiknya saja, tapi juga harus di imbangi non fisiknya, peningkatan kapasitasnya. Jadi untuk pembangunan fisik, non fisik, peningkatan kapasitas serta peningkatan potensinya harus berimbang. (admin/mar).

 

Komentar Facebook

You may also like...

5 Responses

  1. Maju terus desa pare

Leave a Reply