Warga Desa Pare Sarasehan Di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri

WONOGIRI, pare.desa.id – Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi warga Desa Pare, khususnya warga Ngroto, Dusun Traman Desa Pare, Kecamatan Selogiri yang telah mendapatkan kesempatan untuk Sarasehan Bersama Bupati Wonogiri, Joko Sutopo alias mas Jekek (panggilan akrabnya bupati) yang bertempat di Pendapa Rumah Dinas Bupati Kabupaten Wonogiri, Senin ( 12/11/2018 ). Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Camat Selogiri Drs. Sigit Purwanto, M.Pd., Kepala Badan Pertanahan Kabupaten Wonogiri Cahyono, S.H., M.M., Sekcam Selogiri Toto Tri Mulyarto, S.IP., M.M., Kepala Desa beserta Perangkat Desa Pare lengkap, Ketua dan anggota BPD Desa Pare yang lama maupun yang baru, Ketua RW se – Desa Pare, Ketua RT se-Desa Pare, Kepala SD, TK, PAUD, KPMD, Pengelola Bumdes, LPKK, Karangtaruna, Tokoh masyarakat, Kader Posyandu, dan warga Desa Pare, serta seluruh warga Ngroto, Dusun Traman, Desa Pare baik yang Laki-laki dan Perempuan yang jumlahnya mencapai 300 an orang lebih telah memenuhi Pendapa Kabupaten Wonogiri.

Warga Desa Pare hadir di acara Sarasehan Bersama Bupati

Segenap Warga Desa Pare mulai dari Perangkat Desa, Unsur Kelembagaan, Tomas, Karang Taruna hadir dalam acara Sarasehan Bersama Bupati di Pendapa Kabupaten Wonogiri, Senin (12/11/2018) (doc. desa pare – Foto : Mariyanto)

Sarasehan warga Desa Pare bersama Bupati Wonogiri, Joko Sutopo ini terselenggara atas perkenan bupati, dalam rangka menindaklanjuti usulan/permohonan solusi Ketua RW. 011 Dusun Traman, Desa Pare, Sri Wahyudi pada waktu Sarasehan bersama Bupati Wonogiri di Pendapa Kecamatan Selogiri pada Jum’at (02/11/2018), atas status tanah yang di tempati warga Ngroto, karena sudah hampir 19 tahun, proses tukar guling belum selesai. Begitu penuturan Sri wahyudi selesai, mas Jekek (panggilan akrab Bupati Wonogiri) mengambil sikap tegas dengan mengundang warga Ngroto dan warga Desa Pare untuk hadir, sarasehan bersama di Pendapa Kabupaten Wonogiri.

Sambutan Kepala Desa Pare

Kepala Desa Pare, Sugeng menyampaikan paparan tentang Pembangunan dan Pengelolaan Keuangan Desa Pare dalam sambutannya. Senin (12/11/2018)(doc. desa pare – Foto : Mariyanto)

Acara Sarasehan dibuka dengan do’a dan dilanjutkan sambutan pertama oleh Kepala Desa Pare, Sugeng. Dalam sambutannya, Sugeng menyampaikan progres kegiatan Pemerintah Desa Pare tahun 2018 dalam mengelola keuangan yang berjumlah Rp. 1.433.492.000,- , Penerimaan pembayaran PBB tahun 2018 dengan target Rp. 49.850.000,- telah lunas 100 % dan mendapatkan reward berupa hadiah Kursi, kemudian disampaikan pula terkait dengan permasalahan status tanah tukar guling warga Ngroto Dusun Traman, yang belum terselesaikan. Harapannya dalam sarasehan antara warga bersama bupati ada solusi yang terbaik untuk warga Ngroto dusun Traman. Sugeng mengatakan bahwa “Dengan, kami sangat berharap, dari masyarakat Ngroto dan masyarakat Desa Pare bisa ada solusi terbaik terhadap warga kami Dusun Ngroto”.

Sambutan Bupati Wonogiri, Joko Sutopo

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo menyampaikan hasil koordinasi dengan Instansi terkait pada sambutannya di Pendapa Kabupaten Wonogiri, Senin (12/11/2018) (doc. desa pare – Foto : Mariyanto)

Kemudian dilanjutkan sambutan kedua oleh Bupati Wonogiri, Joko Sutopo. Pada dasarnya segala persoalan itu Pemerintah punya tanggung jawab untuk menyelesaikan dan memberikan solusi – solusi terhadap segala persoalan yang di hadapi warganya. Sehingga akan lebih baik kalau segala permasalahan warga  yang sekiranya kesulitan untuk mendapatkan penyelesaian seperti halnya persoalan yang dihadapi warga Ngroto Dusun Traman Desa Pare yang sudah bertahun – tahun berharap mendapatkan legalitas tanah yang ditempati hingga sekarang ini belum ada kejelasan tentang statusnya, maka lebih baik kalau persoalan itu diserahkan kepada pemerintah untuk mendapatkan solusi yang terbaik. Seperti dalam sambutan bupati, beliau mengatakan, “ Leres, bilih pemerintah punya tanggung jawab. Dhumateng sedaya persoalan ingkang wonten, wonten ing wewengkon pemerintahanipun. Hla saat ini, masyarakat mempercayakan kepemimpinan Pemerintah Kabupaten Wonogiri, dipercayakan kepada seorang Jekek. Karena kula sampun panjenengan beri kesempatan dan kepercayaan diangkat derajatnya menjadi bupati, Insya Allah kagem semangat Sesarengan mbangun Wonogiri mangke, saget manggihaken solusi kaitannya masalah Ngroto”.

Warga Desa Pare

Warga Desa Pare merasa sangat terhormat berkesempatan Sarasehan Bersama Bupati yang bertempat di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Senin (12/11/2018) (doc. desa pare – Foto : Mariyanto)

Setelah persoalan yang dihadapi warga Ngroto diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Wonogiri, maka Bupati Wonogiri, Joko Sutopo langsung mengkoordinir dinas – dinas terkait. Sebagai tindaklanjut proses tukar menukar kawasan hutan Dusun Ngroto Traman, Desa Pare, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, masyarakat sudah menempati daerah yang dimaksud sejak tahun 2003 dan sudah menyerahkan sertifikat tanah kepada Pemerintah Kabupaten Wonogiri, kemudian pada tanggal 10 November 2010 Pemerintah Kabupaten Wonogiri melalui APBD Kabupaten Wonogiri telah mencukupi biaya ganti rugi tegakan dan biaya reboisasi sebesar Rp. 252.509.250,-. Kemudian pada tanggal 17 s/d 20 Desember 2012, TIM terpadu pengkajian lapangan yang dibentuk oleh Kementrian Kehutanan telah mengadakan pengkajian lapangan. Setelah TIM melakukan survei dan pengkajian lapangan, pada tanggal 6 Mei 2016 mengeluarkan rekomendasi yang di tujukan kepada kepala Dinas ISDM Provinsi Jawa Tengah dengan nomor : 543/791 Perihal : Rakomendasi Teknis Penanggulangan Bencana Gerakan Tanah pada Daerah Relokasi warga Dusun Ngroto, Dusun Traman, Desa Pare, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Selanjutnya rekomendasi yang ditujukan kepada Pemerintah Kabupaten Wonogiri menyatakan bahwa Kawasan Hutan sebagai Lahan Relokasi Dapat Digunakan sebagai Kawasan Hunian dengan persyaratan yang telah ditentukan. Karena sesuai dengan rekomendasi itu bisa digunakan untuk hunian, maka proses selanjutnya yaitu pensertifikatan tanah yang tentunya menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Wonogiri. (admin/mar)

Foto Bersama Bupati

Foto Bersama Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, Senin (12/11/2018) (doc. desa pare – Foto : Mariyanto)

Foto Bersama Bupati

Foto Bersama Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, Senin (12/11/2018) 9doc. desa pare – Foto : Mariyanto)

Foto bersama Bupati

Foto bersama Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, Senin (12/11/2018) (doc. desa pare – Foto : Mariyanto)

Komentar Facebook

You may also like...

Leave a Reply