Jokowi hadiri silatnas Perangkat Desa, akankah janjinya terealisasi ? Tunggu 2 minggu lagi

JAKARTA, pare.desa.id – Perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) menggelar silaturahmi nasional (silatnas) di Istora Senayan, Jakarta, Senin (14/1/2019). Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo hadir secara pribadi menemui ribuan perangkat desa yang datang dari berbagai daerah di seluruh pelosok nusantara. Silatnas ini sengaja digelar para perangkat desa untuk membahas standarisasi kesejahteraan perangkat desa dan pengangkatan perangkat desa sebagai PNS.

PPDI Gelar Silatnas di Istora Senayan

PPDI gelar silatnas di Istora Senayan, Komplek GBK Jakarta, Senin (14/01/2019) (Foto : ppdiwng).

Acara tersebut dihadiri sekitar 20.950 orang bertujuan menyalurkan aspirasi yang meminta pemerintah untuk segera merealisasikan pemberian penghasilan atau gaji kepada para Perangkat Desa setara dengan penghasilan atau gaji ASN Golongan II/a. Tidak hanya Mendagri yang mendampingi Presiden Jokowi, ada Menpan RB Syafruddin, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Aziz dan Pangdam Jaya Mayjend TNI Joni Supriyanto.

Presiden memberikan sambutan pada Silatnas PPDI

Presiden Jokowi saat hadiri silatnas PPDI di Istora Senayan Jakarta, Senin (14/01/2019) (Foto : ppdiwng)

Dalam sambutannya Presiden Jokowi menyampaikan dana yang telah digelontorkan pemerintah ke seluruh desa di Indonesia totalnya mencapai Rp557 triliun. Rinciannya, Rp 20,7 triliun pada 2015, Rp 47 triliun (2016), Rp 60 triliun (2017), Rp 60 triliun (2018) dan Rp 70 triliun (2019).

Disela-sela sambutannya, Presiden Jokowi dengan nada bergurau juga menyampaikan mendengar bahwa perangkat desa tanggal 14 Januari 2019 akan mengadakan demo besar-besaran. “Kenapa hari Senin masih mau demo segala? kan beberapa hari yang lalu sudah dibicarakan bersama kementerian terkait. Nggak usahlah pake demo-demo segala, sekarangkan musimnya musim hujan. Saya yang akan menerima kalian, tapi di Istora Senayan saja,” jelas Presiden Jokowi disambut dengan tepuk riuh tangan perangkat desa.

Peserta Silatnas berasal dari seluruh penjuru tanah air

Perangkat desa dari pelosok tanah air saat hadiri silatnas PPDI di Istora Senayan Jakarta, Senin (140/1/2019) (Foto : ppdiwng)

Jokowi menyatakan, pihaknya sudah memutuskan penghasilan tetap perangkat desa segera disetarakan dengan golongan II/a. Dan memerintahkan Mendagri, Menkumham, Menkeu, Seskab, KSP, Mensesneg dan stake holder terkait lainnya untuk segera merevisi kedua PP-nya, yaitu PP Nomor 43 Tahun 2014 dan PP Nomor 47 Tahun 2015 paling lama 2 minggu setelah silatnas ini. “Jadi, ditunggu dua minggu nanti akan kita keluarkan revisi PP-nya nanti agar segera bisa dilaksanakan,” ujarnya.

Perangkat desa diharapkan untuk menunggu sampai PP tersebut dikeluarkan atau disahkan. Serta BPJS akan diberikan kepada kepala desa dan seluruh perangkat desa sebagai tambahan untuk kesejahteraan. (Sumber : sendang-wonogiri.desa.id)

 

Komentar Facebook

You may also like...

Leave a Reply