Puskesmas Selogiri adakan Kelas Ibu Hamil Di Desa Pare

PARE, pare.desa.id | Puskesmas Selogiri mengadakan kelas ibu hamil di Ruang Balai Desa Pare, Rabu (23/1/2019) Pada kesempatan itu, Agus Sarwo, SP Pj. Kepala Desa Pare hadir di antara ibu-ibu hamil yang datang dari berbagai dusun di Desa Pare. Acara tersebut dihadiri sekitar 13 orang ibu hamil dan petugas dari Puskesmas sebanyak 5 orang. Kelas ibu hamil ini diadakan tiap bulan sekali agar kesehatan ibu hamil di Desa Pare bisa selalu terkontrol dan tetap dalam keadaan sehat.

Peserta Ibu hamil berasal dari berbagai dusun

Peserta kelas ibu hamil berasal dari beberapa dusun di Desa Pare. Rabu (23/01/2019) (Foto : Mariyanto)

Dalam sambutannya Agus Sarwo memperkenalkan diri di hadapan peserta, karena baru beberapa hari menjabat sebagai Pj. Kepala Desa Pare. Tugas yang utama adalah di Dinas Kelautan dan Perikanan dan Peternakan Kecamatan Selogiri, yang pekerjaannya mengurusi sapi, baik suntik IMB maupun sapi-sapi yang kena Gangrep. Dia juga menyampaikan bahwa menghadiri kelas ibu hamil ini merupakan hal yang baru.

Sambutan Kepala Desa

Agus Sarwo, SP, Pj. Kepala Desa Pare memberikan sambutan pada kelas ibu hamil. Rabu (23/01/2019)(Foto : Mariyanto)

Disela-sela sambutannya, Agus (panggilan akrab Pj. Kepala Desa Pare) mengungkapkan bahwa ibu hamil itu kondisi kesehatannya harus selalu terja agar tetap sehat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak baik. Kandungannya juga harus tetap terjaga, karena anak yang akan lahir adalah buah cinta kasih dengan suami para ibu. Disampaikan pula bahwa beliau sangat mendukung dengan program kelas ibu hamir yang di adakan oleh Puskesmas Selogiri di Desa Pare.  “Pada intinya saya sebagai Pj. Kepala Desa matur nuwun dan sangat mendukung sekali, khususnya kelas ibu hamil yang diadakan Puskesmas Selogiri untuk mendukung program ibu hamil supaya nanti melahirkan dengan baik tidak ada resiko,” jelas Agus Sarwo.

Peserta menerima materi

Para peserta ibu hamil tetap semangat mengikuti materi dengan baik. Rabu (23/01/2019) (Foto : Mariyanto)

Materi yang disampaikan oleh Anik Suryanti, S.ST dari Puskesmas Selogiri adalah Pemeriksaan Kehamilan agar Ibu dan Janin Sehat. Di jelaskan bahwa, kehamilan adalah masa dimana terdapat janin di dalam rahim seorang perempuan. Kehamilan terjadi karena adanya pembuahan dimana bertemunya cairan mani suami dengan sel telur istri. Setelah pembuahan, maka terbentuk kehidupan baru berupa janin dan tumbuh di dalam rahim ibu yang merupakan tempat berlindung yang aman dan nyaman bagi janin.

Kegiatan Senam Bumil

Peserta mengikuti Senam Bumil. Rabu (23/01/2019) (Foto : Mariyanto)

Untuk menjaga agar kesehatan para ibu hamil tetap sehat, maka sebelum usai kelas ibu hamil semua peserta di ajak senam. Senam dimaksud adalah senam khusus untuk ibu hamil. Dengan senam tersebut harapannya ibu hamil maupun janin yang ada di dalam rahim ibu bisa tetap terjaga kesehatannya. (admin)

 

Komentar Facebook

You may also like...

Leave a Reply