MUSYAWARAH JAMAN NOW

PARE, pare.desa.id | Paska pelantikan kades terpilih, beberapa desa menjadi prioritas pendampingan dari Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Wonogiri dalam penyusunan RPJMDes. Pendampingan terutama pada fasilitasi musyawarah/rembug warga dengan pendekatan kelompok/sektoral.

Peserta antusias mengikuti musyawarah

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti Musyawarah Sektoral. (Foto : p3mdwonogiri)

Kenapa pendekatan sektoral?
Karena pendekatan kewilayahan yang dilakukan selama ini menghasilkan output usulan yang didominasi kegiatan infrastruktur. Keterlibatan peserta juga didominasi oleh orang itu-itu saja.

Kenapa pendekatan sektoral?
Karena dengan pendekatan sektoral masing masing kelompok mendapatkan peluang yang sama dalam perencanaan pembangunan. Mereplikasi apa yang berlaku pada PNPM Mandiri Perdesaan, dimana perempuan mendapatkan ‘jalur khusus’ melalui musyawarah khusus perempuan, untuk lebih merangkul komunitas dan kelompok lainnya, maka musyawarah dengan pendekatan kelompok menjadi terobosan dalam penggalian gagasan.

suasana nyaman

Suasana keakraban dan sangat nyaman dalam musyawarah sektoral. (Foto : p3mdwonogiri)

Kenapa pendekatan sektoral?
Karena dengan pendekatan ini, tingkat partiaipasi masyarakat berlipat ganda. Jumlah usulan kegiatan berlipat ganda, dan dominan diluar usulan kegiata infrastruktur. Dan yang paling penting, tingkat legitimasi pemerintah desa dihadapan rakyatnya menjadi berlipat ganda. Hal ini penting, terutama di awal periode kepemimpinan Kepala Desa baru.

Karena Sesarengan mBangun Wonogiri dan Sesarengan mBangun Desa harus diawali dari sesarengan merencanakan pembangunan. (p3mdwonogiri)

Komentar Facebook

You may also like...

Leave a Reply