Pencanangan Program PIS PK Di Desa Pare

PARE, pare.desa.id  – “Dan dengan mengucap Bismillaahirrahmaanirraahiim, maka gerakan PIS PK Desa Pare mulai hari ini, 11 Februari tahun 2019 sampai beberapa hari kedepan saya nyatakan untuk dimulai”. Demikian kata-kata Drs. Sigit Purwanto, M.Pd Camat Selogiri dalam acara Pencanangan Program PIS PK yang diselenggarakan oleh UPTD Puskesmas Selogiri yang bertempat di Desa Pare. Senin (11/02/2019). Selain camat, hadir dalam kesempatan ini Kepala Puskesmas Selogiri beserta 12 personil petugas kesehatan lainnya, Pj. Kepala Desa beserta Perangkat Desa Pare dan Ibu-ibu Kader Posyandu yang tergabung dalam TP PKK Desa Pare selaku petugas PIS PK sejumlah 60 orang berasal dari 11 dusun.

Pencanangan PIS PK oleh Camat

Drs. Sigit Purwanto, M.Pd, Camat Selogiri mencanangkan Program PIS PK di Desa Pare. (Foto : Mariyanto)

PIS PK adalah Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Yang dimaksud dengan “Program Indonesia Sehat” adalah upaya untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang berperilaku sehat, hidup dalam lingkungan sehat, mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Sedangkan Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang dalam lingkungan hidup yang sehat agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal melalui terciptanya perilaku hidup sehat sehingga terwujud bangsa yang mandiri, maju dan sejahtera. Dan terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat di bidang kesehatan dalam meningkatkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

dr. Anita Apriliawati memberikan sambutan

dr. Anita Apriliawati, Kepala UPTD Puskesmas Selogiri memberikan sambutan. (Foto : Mariyanto)

Seperti yang di sampaikan dr. Anita Apriliawati, Kepala Puskesmas Selogiri bahwa dalam melaksanakan kegiatan PIS PK, petugas berkunjung ke rumah-rumah warga. Harapan dari kegiatan ini setelah petugas melakukan kunjungan dengan sistem door to door, dan memberikan penilaian sesuai 12 indikator, pihak Puskesmas maupun Pemerintah akan bisa mengetahui status/tingkat kesehatan keluarga di Desa Pare. Karena begitu selesai kunjungan akan ada kegiatan paparan mengenai hasil kegiatan PIS PK tersebut.

Agus Sarwo memberikan sambutan

Agus Sarwo, S.P, Pj. Kepala Desa Pare memberikan sambutan. (Foto : Mariyanto)

Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ibu-ibu kader disampaikan oleh Agus Sarwo, S.P. selaku Pj. Kepala Desa Pare, karena telah mau dan dengan semangat yang luar biasa bersedia membantu pihak Puskesmas Selogiri menjadi Petugas PIS PK, karena kegiatan ini sifatnya sosial dan tidak ada imbalan berbentuk apapun dari Puskesmas maupun Pemerintah. Agus Sarwo meminta agar hasil dari kunjungan ke rumah- rumah warga juga dilaporkan ke Pemerintah Desa Pare, sehingga dengan adanya laporan tersebut Pemerintah bisa mengambil kebijakan dan langkah-langkah strategis di waktu yang akan datang agar kesehatan warga masyarakat Desa Pare tetap terjaga. Termasuk kalau ditemukan ada keluarga yang masih belum punya jamban dan belum terdata pada waktu verifikasi dan validasi RTLH agar bisa di laporkan juga. “saya berdo’a, semoga masyarakat Desa Pare tetep sehat dan dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari. Apapun hasilnya kami nanti mohon data riil. Dan hasilnya ini nanti dalam MMD bisa dijadikan masukan untuk dimintakan anggaran di tahun yang akan datang”, demikian kata Pj. Kepala Desa Pare mengakhiri sambutannya. (admin).

Petugas PIS PK Mengunjungi rumah warga

Petugas PIS PK melakukan kunjungan di rumah warga Dusun Pare. (Foto : Fitri)

 

Komentar Facebook

You may also like...

Leave a Reply