Dengan Selter Baru, Area WGM Sekarang Lebih Bersih Dan Rapi

pare.desa.id, WONOGIRI – Area wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM), Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri saat ini sudah bersih dari pedagang kaki lima (PKL). Pasalnya, ratusan pedagang yang biasanya memadati kawasan tersebut, terutama saat akhir pekan, sudah pindah ke selter yang disediakan.

Pedagang WGM mulai menempati Selter

Pedagang WGM mulai menempati selter baru di sebelah timur parkir utama wisata (Dok. desa.id – foto : Agung)

Pantauan reporter sendang-wonogiri.desa.id di tempat wisata yang berada di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Minggu (17/2/2019) mulai pagi hingga siang, sekeliling lapangan, kawasan dekat taman satwa, bekas gedung jetski, dan taman permainan, sudah tidak ada pedagang. Bahkan semua kios yang berada di area dalam dan luar bekas gedung jetski juga sudah ditutup.

Tepi jalan utama wisata yang biasanya dipenuhi berjejer puluhan pedagang saat ini sudah steril dari aktivitas niaga. Warung makan yang berada di belakang panggung hiburan juga telah kosong. Pedagang yang sebelumnya berdagang di lokasi-lokasi tersebut hari itu berjualan di selter baru dekat masjid atau sebelah timur parkir barat.

Bermacam Kuliner, Suovenir dan Pakaian telah siap

Mulai dari kuliner, souvenir hingga pakaian tersedia di selter baru wisata WGM Wonogiri (Dok. desa.id – foto : Agung)

Selter baru tersebut selesai dibangun tahun lalu dengan biaya senilai Rp 2,4 miliar. Aktivitas niaga di selter pun mulai berjalan. Pengunjung wisata banyak yang membeli olahan ikan, aksesori, minuman, pakaian, dan sebagainya.

Selter mulai ramai karena pengunjung yang menuju dan dari lokasi wisata utama diarahkan melewati selter. Pengelola membuat rekayasa arus pengunjung sedemikian rupa sehingga selter lama di sisi barat dan selter baru dilewati pengunjung. Pengaturan menggunakan papan petunjuk dan sarana pembatas jalan agar pengunjung tidak dapat melewati jalan pintas.

Para pedagang berjualan di selter sudah dua pekan ini. Kebanyakan mereka berjualan hanya saat ramai pengunjung, yakni Sabtu dan Minggu. Hal itu memang sudah menjadi kebiasaan sejak lama.

Selter baru di WGM

Selter baru bagi pedagang selesai dibangun, wisata WGM lebih rapi (Dok. desa.id – foto : Agung)

Salah satu warga Sendang, Susanto, mengatakan Wisata WGM Wonogiri sekarang ini sudah jauh lebih rapi. Sebelumnya tak rapi karena pedagang ada di mana-mana. Ia mengaku perwajahan Wisata WGM banyak berubah lebih baik. Tempat wisata andalan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri itu sekarang mulai tertata. “Pengelola wisata mengatur arus pengunjung biar lewat selter. Ini bagus, sehingga dagangan yang dijual pedagang laku. Pengunjung tidak sulit untuk mencari apa yang diinginkan, mulai dari kuliner, pakaian, hingga souvenir semua sudah ada di selter ini,” kata Susanto.

Dengan adanya selter baru para pedagang merasakan lebih nyaman. Selter tersebut dilengkapi atap sehingga pedagang maupun pengunjung tak kehujanan saat hujan mengguyur dan tak kepanasan saat terik. (sendang-wonogiri.desa.id)

Komentar Facebook

You may also like...

Leave a Reply