Penutupan Program PIS PK Di Desa Pare

pare.desa.id, PARE – “Dengan selesainya kunjungan ke warga di Dusun Traman ini, maka kegiatan kunjungan PIS PK di Desa Pare saya nyatakan di tutup” demikian pernyataan Anik Suryanti, S.S.T. dari Puskesmas Selogiri dalam membawakan acara Penutupan Kegiatan Kunjungan PIS PK di Desa Pare yang bertempat di Rumah Saniman, Kepala Dusun Traman. Senin (25/02/2019). Hadir pada acara tersebut Pj. Kepala Desa Pare, Agus Sarwo, S.P., Petugas dari Puskesmas Selogiri yang berjumlah 12 orang dan Para Kader TP PKK Desa Pare sebanyak 8 orang.

Penutupan Kegiatan PIS PK

Petugas dari Puskesmas Selogiri dan ibu-ibu Kader TP PKK Desa Pare dalam acara Penutupan Kegiatan PIS PK. (Foto : Mariyanto)

Seperti telah diberitakan melalui media ini (pare.desa.id edisi 11/02/2019), bahwa kegiatan PIS PK yang dilaksanakan oleh petugas dari Puskesmas Kecamatan Selogiri dan dengan dibantu ibu-ibu Kader TP PKK Desa Pare telah dilaksanakan dari Senin (11/02/2019). Hal ini ditandai dengan adanya acara Pencanangan PIS PK pada hari dan tanggal tersebut, dan dilanjutkan dengan kunjungan ke warga di Dusun Pare. Selama 11 hari, petugas terus melakukan kunjungan warga, setelah Dusun Pare dilanjutkan ke Dusun Tlogorejo pada hari berikutnya, sampai pada Senin ( 25/02/2019), merupakan kunjungan hari terakhir kegiatan PIS PK yang bertempat di Dusun Traman. Sehingga sebanyak 11 Dusun di Desa Pare semua telah dikunjungai dan telah dilakukan pendataan.

PIS PK adalah Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Yang dimaksud dengan “Program Indonesia Sehat” adalah upaya untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang berperilaku sehat, hidup dalam lingkungan sehat, mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Sedangkan Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang dalam lingkungan hidup yang sehat agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal melalui terciptanya perilaku hidup sehat sehingga terwujud bangsa yang mandiri, maju dan sejahtera. Dan terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat di bidang kesehatan dalam meningkatkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Agus Sarwo memberikan sambutan

Agus Sarwo, S.P., Pj. Kepala Desa Pare saat memberikan sambutan. (Foto : Mariyanto)

Agus Sarwo, S.P., selaku Pj. Kepala Desa Pare dalam sambutannya menyampaikan ucapan banyak terima kasih kepada semua petugas baik dari Puskesmas Selogiri maupun ibu-ibu Kader yang tergabung dalam lembaga TP PKK Desa Pare, karena telah menyelesaikan tugas kunjungan PIS PK  ke rumah-rumah warga se – Desa Pare secara ikhlas, dengan medan yang sangat ekstrim sekalipun tapi semua tetap semangat, sehingga pendataan, atau kunjungan bisa selesai sesuai dengan yang dincanakan dengan lancar.

Agus Sarwo melepas tanda pengenal

Agus Sarwo melepas tanda pengenal petugas PIS PK. (Foto : Mariyanto)

Dalam laporannya, Mariya Tri Wijayanti, S.Km., M. Kes. dari Puskesmas Selogiri menyampaikan bahwa untuk hasil dari kegiatan kunjungan PIS PK belum bisa dilaporkan pada saat penutupan, karena masih harus melalui entry data, sehingga perkiraan untuk laporan finalisasi atau paparan hasil PIS PK di Desa Pare selang 1 minggu. Harapannya setelah disampaikan paparan tentang hasil kegiatan PIS PK kepada Pemerintah Desa Pare, agar hasilnya bisa di olah oleh Pemerintah Desa, sebaiknya bagaimana untuk menindaklanjuti hasil pendataan tersebut terhadap permasalahan kesehatan bagi warga Desa Pare. Setelah dilakukan pendataan terhadap kondisi rumah, akan ada 3 kriteria yang akan muncul, yaitu Rumah Tidak Sehat, Pra Sehat dan Sehat. Dengan adanya kegiatan itu, rumah yang tidak sehat dan pra sehat diharapkan akan menjadi sehat, sehingga tidak ada batasan waktu untuk menindaklanjuti kegiatan PIS PK tersebut.

Petugas foto bersama

Petugas pendataan PIS PK berfoto bersama dengan Pj. Kepala Desa Pare setelah menyelesaikan semua tugasnya. (Foto : Mariyanto)

Disampaikan Sri Rahayu, Pengurus TP PKK Desa Pare bahwa selama 11 hari melakukan kunjungan, semua petugas sangat terkesan karena telah terjalin komunikasi yang baik, selalu guyub dan kompak, sehingga walaupun kadang menemui medan yang sangat ekstrim sekalipun, dan ada pula penyambutan warga yang kurang mengenakkan, tapi karena ada rasa kekeluargaan dan rasa tanggung jawab besar yang harus dilaksanakan untuk selesainya kegiatan PIS PK, maka semua dijalani dengan tetap semangat dan senang hati.

Dengan adanya pendataan PIS PK, diharapkan akan bisa lebih meningkatkan kesejahteraan dan utamanya kesehatan bagi warga masyarakat Selogiri pada umumnya, dan warga masyarakat Desa Pare khususnya untuk menjadikan keluarga yang sehat. (admin)

Komentar Facebook

You may also like...

Leave a Reply