Pilkades Serentak Kabupaten Wonogiri Tahun 2019 diikuti 186 Desa

PARE, pare.desa.id – Tahapan demi tahapan Pilkades yang akan digelar secara serentak di Kabupaten Wonogiri terus dilaksanakan. Pilkades serentak tahap III tahun 2019 ini akan dilaksanakan pada Rabu Pon, 25 September 2019 sebanyak 186 desa di Kabupaten Wonogiri. Hal ini sesuai dengan Peraturan Bupati Wonogiri Nomor 87 tahun 2018 tentang Perubahan Atas Perbup Nomor 46 Tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Wonogiri Nomor 7 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah kabupaten Wonogiri Nomor 17 tahun 2016 tentang Pemilihan, Pengesahan dan Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa.

Rapat Koordinasi Panitia Pilkades Desa Pare. Senin, (08/07/2019) (Foto : Mariyanto)

Desa Pare juga termasuk desa yang akan menggelar Pilkades pada 25 September 2019, sehingga sesuai dengan Keputusan Bupati Wonogiri Nomor 184 tahun 2019 tentang Penetapan Jadwal Tahapan Pemilihan Kepala Desa Serentak tahap III di Kabupaten Wonogiri tahun 2019, maka BPD Desa Pare pada Jum’at malam (sekira pukul 20.00 WIB), 21 Juni 2019 bertempat di Ruang Rapat Balai Desa Pare, mengadakan rapat intern bersama Perangkat Desa Pare, membahas langkah-langkah strategis untuk melaksanakan tahapan-tahapan Pilkades sesuai dengan prosedur agar  pelaksanaan Pilkades di Desa Pare berjalan dengan aman, tertib dan terkendali.

Kantor Sekretariat Panitia Pilkades Desa Pare. (Foto : Mariyanto)

Sesuai dengan tahapan, pada Senin, 24 Juni 2019 BPD Desa Pare yang diketuai Maya Prana menggelar rapat Pembentukan Panitia Pilkades Desa Pare. Dalam kesempatan itu hadir seluruh anggota BPD, Pj. Kepala Desa Pare beserta Perangkat Desa dan Tokoh masyarakat baik dari unsur LPM, RT/RW maupun Karang Taruna. Untuk menentukan Ketua Panitia, BPD menggunakan sistem aklamasi. Dan pada saat itu yang terpilih sebagai Ketua Panitia Pilkades Desa Pare adalah Ngatno, Tokoh masyarakat dari Dusun Tandon yang sudah berpengalaman 3 X menjadi Ketua Pilkades Desa Pare dan Drs. Bambang Edi Santoso dari Dusun Tlogorejo sebagai Wakil Ketua. Setelah terbentuk Ketua dan Wakil Panitia, dilanjutkan pembentukan panitia yang lain yaitu, Agus Riswadi (Sekdes) sebagai Sekretaris, Wardi (Bendahara Desa) sebagai Bendahara, untuk Sekretaris dan Bendahara dibentuk dari Sekdes dan Bendahara Desa, hal ini sesuai dengan Perbup Nomor 46 tahun 2018, kemudian pembentukan Seksi-seksi yang terdiri dari : Ernawati dan Anwar Murdiyanto sebagai Seksi Pendaftaran Pemilih, Mariyanto dan Parmo Seksi Penjaringan dan Penyaringan, Winarno dan Anton Purnomo Seksi Pemungutan dan penghitungan suara, Slamet, Suharto, Sri Suyatmi dan Ruswanto sebagai Seksi Umum dan perlengkapan, Wawan Kurniawan dan Sri Wahyudi Seksi Dokumentasi dan publikasi, dan Dwi Haryanto Sebagai Seksi Keamanan dibantu Muli Haryanto Babinkamtibmas dan Budi Santoso Babinsa Desa Pare.

Poster Tahapan Pelaksanaan Pilkades Desa Pare. (Foto : Panitia)

Agar pelaksanaan Pilkades Desa Pare berjalan lancar, Panitia Plikades bersama dengan Perangkat Desa mengadakan Rapat Koordinasi membahas tupoksi masing-masing seksi, menentukan Kantor Sekretariat dan pembentukan KPPS. Kamis, (04/07/2019). Kemudian pada hari ini, Senin, 08 Juli 2019 Panitia Pilkades juga mengadakan Rapat Koordinasi yang ke 2 bertempat di ruang rapat Balai Desa Pare. Dalam kesempatan ini Panitia membahas tentang perkembangan DPS, Juknis dan strategi Penjaringan dan penyaringan bakal calon Kades, serta persiapan tentang Kotak dan Bilik suara. (Admin)

Komentar Facebook

You may also like...

Leave a Reply