Paparan Hasil PIS PK Desa Pare

PARE, pare.desa.id  – “Saya hadir disini dalam rangka Pemaparan Hasil PIS PK Desa Pare” demikian tutur Atik Prasetyawati, A.Md.Keb., Bidan dari Puskesmas Selogiri dalam sambutannya mewakili dr. Anita Apriliawati Kepala UPTD Puskesmas Selogiri yang tidak bisa hadir pada acara Pemaparan Hasil PIS PK dan Advokasi dengan Pemerintah Desa Pare, bertempat di Pendapa Kantor Balai Desa Pare. Senin (09/09/2019). Hadir pada acara tersebut petugas dari Puskesmas Selogiri yang terdiri dari Atik Prasetyawati, A.Md.Keb (Bidan), Supartono, Skm., Mph. (Kesling), Rahayu Fitri, A.Mk. (Perawat / P2PTM), Maria T.W., S.Km. (Penyuluh Kesehatan), Anik Suryanti, S.St. (Bidan), Usik Kurniadewi, A.Md. Keb. (Bidan) dan Para Kader TP PKK Desa Pare sebanyak 8 orang serta Perangkat Desa Pare.

Atik Prasetyawati, A.Md.Keb sedang memberikan sambutan. (Foto : Mariyanto).

Seperti telah diberitakan melalui media ini (pare.desa.id) edisi 11/02/2019), bahwa kegiatan PIS PK yang dilaksanakan oleh petugas dari Puskesmas Kecamatan Selogiri dan dengan dibantu ibu-ibu Kader TP PKK Desa Pare telah dilaksanakan dari Senin (11/02/2019). Hal ini ditandai dengan adanya acara Pencanangan PIS PK pada hari dan tanggal tersebut, dan dilanjutkan dengan kunjungan ke warga di Dusun Pare. Selama 11 hari, petugas terus melakukan kunjungan warga, setelah Dusun Pare dilanjutkan ke Dusun Tlogorejo pada hari berikutnya, sampai pada Senin ( 25/02/2019), merupakan kunjungan hari terakhir kegiatan PIS PK yang bertempat di Dusun Traman. Sehingga sebanyak 11 Dusun di Desa Pare semua telah dikunjungai dan telah dilakukan pendataan.

“Program Indonesia Sehat” adalah upaya untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang berperilaku sehat, hidup dalam lingkungan sehat, mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Sedangkan Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang dalam lingkungan hidup yang sehat agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal melalui terciptanya perilaku hidup sehat sehingga terwujud bangsa yang mandiri, maju dan sejahtera. Dan terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat di bidang kesehatan dalam meningkatkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Agus Riswadi, Sekdes Desa Pare saat memberikan sambutan mewakili Pj. Sarwo, SP yang tidak bisa hadir pada acara Paparan Hasil PIS PK. (Foto : Mariyanto)

Agus Riswadi, Sekdes Desa Pare dalam sambutan mewakili Agus Sarwo, SP, Pj. Kepala Desa Pare yang tidak bisa hadir karena ada acara penting di Kantor Dinasnya menyampaikan bahwa, “Dengan PIS PK kita tau, warga masyarakat Desa Pare, mungkin ada yang kena TB, ada yang kena hipertensi dan lain sebagainya, data tersebut bisa disajikan lewat Program PIS PK. Dan pagi ini diakan  paparkan tentang hasil PIS PK yang telah dilaksanakan. Kami berharap ini bisa memberikan informasi, bisa memberikan sinergi dengan program kegiatan di Desa Pare, yang kebetulan di bulan ini juga akan ada kegiatan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa Pare (RKP) tahun 2020 sehingga apapun hasilnya akan bisa di usulkan di RKP tersebut”.

Atik Prasetyawati, A.Md. Keb. Bidan Puskesmas Selogiri sedang memaparkan hasil PIS PK. (Foto : Mariyanto)

Dalam paparannya, Atik dari Puskesmas Selogiri menyampaikan bahwa, Hasil PIS PK adalah sebagai berikut, Keluarga dengan salah satu anggota keluarganya mempunyai kebiasaan merokok 763, Keluarga dengan salah satu anggota keluarganya tidak ikut kepesertaan JKN  685’ Keluarga pasangan usia subur yang tidak sedang hamil dan tidak sedang program menambah anak tapi tidak mengikuti program Keluarga Berencana 151, Keluarga dengan anggota penderita hipertensi tidak berobat secara teratur  140, Bayi tidak mendapatkan ASI Eksklusif selama 6 bulan 53.

Selesai pemaparan, Atik meminta tanggapan kepada seluruh peserta atas hasil kegiatan PIS PK tersebut. Hasil masukan serta tanggapan Winarti dari Dusun Gondang, Mariyanto dari Dusun Traman dan Winarno dari Dusun Tangkluk, bahwa hasil kegiatan PIS PK belum sesuai dengan kenyataan, sehingga disepakati bahwa kegiatan tersebut akan di klarifikasi ulang, agar hasilnya benar – benar real, sesuai dengan kenyataan dan menghasilkan data yang akurat.

Dengan adanya pendataan PIS PK, diharapkan akan bisa lebih meningkatkan kesejahteraan dan utamanya kesehatan bagi warga masyarakat Selogiri pada umumnya, dan warga masyarakat Desa Pare khususnya untuk menjadikan keluarga yang sehat. (admin).

Komentar Facebook

You may also like...

Leave a Reply